Rabu, 22 Mei 2019

Jangan Abaikan Garis Hitam yang Timbul di Kuku

Apakah Kamu tahu bahwa kondisi kesehatan seseorang bisa diketahi melewati kukunya ? Ya, nyatanya kuku bisa menjadi indikasi penyakit-penyakit yang lebih serius. Kuku bisa mengalami kerusakan sebab beberapa faktor, umpama dikarenakan sebab pemakaian cat kuku.

Jangan Abaikan Garis Hitam yang Timbul di Kuku

Tetapi, yang butuh diwaspadai adalah kerusakan tersebut bisa jadi adalah gejala dari penyakit-penyakit serius. Salah satu tanda gangguan kesehatan yang ditimbulkan kuku yaitu adanya garis gelap alias kehitaman. Kondisi ini terbukti bisa muncul apabila kuku terkena cedera. Tetapi, apabila tanda garis hitam yang muncul di kuku tak dikarenakan oleh apapun, maka ada baiknya Kamu mewaspadai kemungkinan adanya penyakit kanker.

Hal ini dijelaskan oleh pakar perawatan kuku, Jean Skinner, yang menyatakan bahwa ada sebagian klien yang memintanya untuk mengecat kukunya dengan warna gelap demi menutupi garis hitam yang muncul di permukaan kuku. Pada awalnya, klien-klien ini hanya berpikir bahwa garis hitam yang muncul di permukaan kuku ini adalah tanda keturunan alias ketidak lebihan kalsium. Tetapi, ada seorang klien yang akhirnya mnemeriksakan kondisi kukunya ke dokter serta terkejut ketika didiagnosis mengalami kanker kulit alias melamona agresif yang telah menyebar ke kelenjar getah bening.

Melamona kuku alias dalam dunia medis disebut dengan melamona subungual apabila berada dibawah kuku alias melamona peringual apabila ada dikurang lebih permukaan kuku, terbukti jarang terjadi tetapi berpotensi mematikan. 

Menurut sebuat studi di Dermatologic Surgery, 2,5% dari semua permasalahan melamona dialami oleh mereka yang mempunyai kulit putih, 35% dialami oleh orang berkulit gelap, serta kurang lebih setengah permasalahan melamona dialami oleh orang-orang Asia.

Salah satu argumen mengapa penyakit ini serius adalah sebab penderita tak jarang kali tak segera mengecekkan dirinya, jadi telat untuk terdiagnosa. Faktor tersebut dikarenakan tak sedikit orang yang mengaitkan tanda kehitaman di kuku dengan faktor lain.

Dalam tak sedikit permasalahan, melamona subungual terkesan semacam sesuatu yang disebut dengan hematoma subungual, alias darah mengendap. Faktor ini biasanya dikarenakan oleh trauma, semacam ketika terjepit pintu alias terhantam benda yang keras. 

Tidak sama dengan hematoma subungual, dimana kuku baru yang sehat bakal mulai tumbuh serta menghapus kuku yang berwarna gelap, melamona subungual lebih susah hilang sebab berada dalam akar kuku serta menjalar sampai ke ujung.

Tetapi, untuk memastikan penyebab dari timbulnya garis hitam di kuku, betapa baiknya Kamu mengecekkan diri ke dokter kulit. Semoga berguna.